Selasa, 09 Oktober 2012

model jam

Ciri-ciri jam tangan SWISS ARMY asli

Membedakan jam tangan asli atau KW adalah pekerjaan yang cukup sulit.
Dibutuhkan pengetahuan yang memadai untuk mengetahui ciri-ciri jam tangan asli, atau minimal anda pernah melihat jam yang asli sebagai pembanding.

Tetapi itu tidak berlaku untuk jam tangan merek SWISS ARMY, karena cara mengetahui jam tangan SWISS ARMY asli atau palsu sangatlah mudah, sambil tutup mata juga bisa kok, hehehe..

Itu berawal ketika seminggu lalu saya membeli jam tangan dari toko jam baru bernama "Watch Club" yang sepertinya punya kredibilitas menjual jam-jam tangan asli.
Kebetulan toko tersebut baru buka di lantai dasar Gorontalo mall.
Mereka memberikan diskon s/d 40% pada masa opening-nya.
Tanpa babibu akhirnya saya membeli 2 buah jam tangan, satu untuk istri dan satunya untuk saya sendiri.

Sesampai di rumah saya mencoba mencari info keberadaa jam yang baru saya beli dengan searching di internet.
Jam istri saya merek CASIO nggak ada masalah (informasi yang saya dapat selama ini merek CASIO belum ada KW-nya karena harga aslinya masih terjangkau, mungkin plagiatnya berfikir buat apa malsu merek low end gitu).

Berbeda dengan jam yang saya beli.
Setelah beberapa lama ngubek-ubek internet, saya tidak menemukan keberadaan jam tangan saya dijual di situs-situs jual beli online sekelas Amazon ataupun Ebay..
Ternyata jam yang saya beli hanya diperjual belikan di Indonesia saja..,
Nah loo....?

Selidik punya selidik ternyata jam tangan merek SWISS ARMY sebenarnya tidak pernah ada di dunia ini, atau secara sederhananya tidak pernah terdaftar secara resmi ataupun memiliki pabrik ber-ijin di dunia ini.
Otomatis jam tangan merek SWISS ARMY Juga tidak memiliki servis center resmi untuk keperluan klaim garansinya.
Garansi yang diberikan hanyalah sebatas garansi toko saja..

Awalnya SWISS ARMY adalah merek dagang sebuah produsen pisau berkwalitas.
Ketika pada akhirnya SWISS ARMY memproduksi jam tangan, itu tidak dilakukannya sendiri.
SWISS ARMY Memberikan lisensi tunggal kepada perusahaan lain untuk memproduksi jam tangannya.
Perusahaan tersebut akhirnya memberi nama jam buatannya sebagai VICTORINOX SWISS ARMY.
Mereka tidak pernah memproduksi jam tangan denga merek SWISS ARMY..!
Mereka membuat logo persis seperti yang ada di gambar jam tangan yang saya publish diawal artikel ini..

Jadi kesimpulannya apapun seri jam tangan anda, selama mereknya masih SWISS ARMY (tanpa embel-embel VICTORINOX) itu hanyalah jam tangan hasil karya lokal (entah produksi china ataupun produksi kita sendiri).

Berarti Jam tangan saya palsu ya bro..?

Sebuah jam tangan bisa dikatakan palsu kalau ada yang asli-nya,
Lha kalau yang aslinya saja tidak ada, berarti gimana.??
Anda bisa jawab sendiri kan..?

CMIIW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar